Kamis, 03 Februari 2011

laporan perjalanan ke Solo


Laporan Perjalanan Ke Solo
Teman-teman tahu enggak, tanggal 24 November’10, Tim Redaksi KARISMA berkunjung ke Solo looo… Asyik dan  seru banget  !!! Kami berangkat dari sekolah sekitar  pukul 07.40 Wib dengan mengenakan seragam batik khas SMA Negeri Kerjo. Sebelum kami berangkat, Bapak Kepala Sekolah memberikan sedikit pengarahan kepada kami.                                  
Kunjungan  pertama yaitu “Monumen Pers Nasional” yang terletak di Jln. Gajah Mada 59 Surakarta, sekitar pukul 08.50 wib, kami tiba disana. Monumen Pers  Nasional mempunyai tugas melaksanakan pelestarian dan pelayanan kepada masyarakat mengenai Monumen Pers Nasional dan produk Pers Nasional yang bernilai sejarah. Sesuai dengan tugas yang ada maka Monumen Pers Nasional menyelenggarakan beberapa fungsi, yakni :
·         Pelaksanaan penyusunan rencana, program dan anggaran dilingkungan Monumen Pers Nasional.
·         Pelaksanaan pelayanan informasi dan peningkatan sarana diseminasi informasi.
·         Pemeliharaan, penata laksanaan koleksi, pengawetan dan perlindungan benda-benda di bidang pers yang bernilai sejarah serta pelaksanaan perpustakaan.
·         Pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga.
Kunjungan yang kedua yaitu, “RADAR SOLO” yang berada di jln. Kebangkitan Nasional 37 Surakarta. Kami tiba di depan kantor Radar Solo sekitar Pukul 10.10 wib. Setelah menunggu beberapa menit, kami dipersilahkan masuk ke dalam ruang Redaksi Radar Solo. Ruangnnya tidak terlalu luas. Dan kami disambut ramah oleh Bapak Ananto Priyatno Pemimpin Redaksi Radar Solo. Kami rombongan Tim Redaksi KARISMA memperhatikan Bapak Ananto yang menjelaskan Profil Radar Solo. Selain itu, kami tidak menyia-nyiakan kesempatan emas ini untuk bertanya jawab kepada  ahli jurnalistik. Sejak terbit perdana pada tahun 2000 yang lalu, Harian Radar Solo (Jawa Pos Group) langsung mendapat tempat di hati masyarakat Solo. Harian pagi yang beroplah 27.500 eksemplar perhari, terbit 32 halaman setiap hari, terdiri dari 20 halaman  menyajikan berita-berita nasional dan internasional, serta 12 halaman Radar Solo menyuguhkan berita lokal.
Sekitar pukul 11.45 wib, kami keluar dari Kantor Radar Solo, dan melanjutkan perjalanan selanjutnya itu ke “Kampung Batik Laweyan” Namun, sebelum menuju tempat tujuan yang ke-tiga itu, kami mampir istirahat sebentar untuk menjalankan sholat Dhuhur di sebuah Langgar ( Masjid tradisonal ) yang merupakan salah satu cagar budaya di lingkungan Kampung Batik Laweyan.
Setelah selesai makan dan sholat, kami melanjutkan perjalankan ke  Kampung Batik Laweyan  sekitar pukul 12.25 WIB. Sungguh…. Pengalaman yang menyenangkan sekaligus  melelahkan saat di Kampung Batik Laweyan ini. Sepanjang perjalanan mengelilingi ,melihat-lihat Kampung Batik Laweyan ini sering kali mengeluh karena rasa lelah jalan kaki. Namun, itu semua terbayar oleh ilmu dan pengalaman tentang batik yang kami dapatkan. “Batik” adalah proses pencantinagan/pembakaran lilin & malam pada media batik. Proses membuat batik yaitu:
1)      Pencantingan → dengan cat dan dengan menggunakan canting.
2)      Pewarnan → dengan memakai kuas dan dengan dicelupkan kedalam bak warna.
Pada proses pewarnaan ini dikenal istilah viksasi yaitu mengunci warna dan dikenai sinar matahari secara langsung.
Yang membuat kami kagum adalah di  lokasi seluas 24.38 hektar ini terdapat ± 2500 jiwa KK, dan yang berprofesi sebagai pengusaha batik di Kelurahan Laweyan ini sekitar 70 pengusaha.  Rumah antara warga satu dengan warga yang lain sangat berdekatan dan bisa dibilang “gandeng”. Kita harus acungi jempol untuk masyarakat Laweyan, karena mereka telah melestarikan budaya Indonesia
Temen-temen sebenarnya kunjungan ke Solo ini tujuannya hanya tiga , namun, karena waktunya masih siang kami putuskan untuk mampir ke Toko Buku  Gramedia (sekitar pukul 13.56 wib). Anak-anak KARISMA   bisa berburu buku bacaan.   Terakhir kami lega sudah sampai SMA N KERJO dengan selamat (sekitar pukul 17.00 wib). Puji Syukur kepada Tuhan yang telah menyertai perjalanan kami dari awal hingga akhir  sampai bertemu lagi pada kunjungan KARISMA tahun depan. SALAM KARISMA
Ayu Maria Sari/ X.1



Tidak ada komentar:

Posting Komentar